Apa itu sulam alis? Apa itu sulam bibir?

Setiap wanita pasti ingin terlihat cantik, ada berbagai cara supaya diri kita terlihat cantik, salah satunya ialah operasi plastik (plastic surgery)operasi laser kulit (laser skin surgery), pada kesempatan ini organ wajah yang kita bahas adalah alis dan bibir, salah satu metode mempercantik yang sedang tren saat ini adalah dengan metode sulam alis dan sulam bibir, bagi anda yang baru mendengar istilah tersebut pasti akan bertanya-tanya, apa itu sulam alis? dan apa itu sulam bibir?

SULAM ALIS

Sekilas orang mengira bahwa sulam alis sama dengan tatto alis, namun sebenarnya berbeda, sulam alis adalah : Prinsip yang terbilang cukup sederhana dan berfungsi layaknya hair extension yang mampu menggantikan alis-alis rambut. Menyisipkannya di tengah-tengah rambut alis asli dan membuatnya terlihat lebih tebal sekaligus alami. Ada satu teknik dipilih yaitu kreatif tiga dimensi. Teknik ini sama seperti sulam alis yang telah muncul terlebih dahulu. Hanya saja, teknik ini membuat alis yang terbentuk terlihat sangat alami seperti bulu-bulu alis. Bentuk alis mata lebih berdimensi, tebal dan tipisnya mendekati alis aslinya. Teknik ini juga memberikan lengkung alis mata yang ideal dan bisa bertahan hingga 2 tahun. Padahal proses pengerjaannya hanya waktu 45 menit sampai 1 jam. Alat yang digunakan untuk teknik sulam alis ini pun sangat sederhana dan jauh dari kesan menyeramkan. “Alatnya hanya sebesar pena, dilengkapi dengan motor penggerak atau dinamo di dalamnya. Jarum yang digunakan juga sangat tipis,” terang Shirley.

 SULAM BIBIR

Tidak hanya sulam alis, sulam bibir  juga sedang booming pada saat ini, hal tersebut dkarenakan bibir merupakan bagian salah satu organ wajah yang mempunyai daya tarik sersendiri.  Sulam bibir adalah metode baru agar bibir menjadi lebih berwarna. Tidak perlu pakai lipstik lagi. Prosesnya, dikasih anestesi dulu, kemudian ditekan pakai plastik supaya obatnya masuk ke dalam bibir. Lalu ada alat seperti pewarna yang dilukis ke bibir. Pengerjakan sulam bibir memakan waktu sekitar dua jam. Meski sama-sama menggunakan alat sejenis jarum, sulam bibir tidak sama dengan tato bibir. “Tidak sakit, tidak mengeluarkan darah. Rasanya, hanya seperti disetrum di bibir.
 
 Semoga artkel diatas dapat bermanfaat bagi anda, anda tertarik mencobanya? 🙂
Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat ingin sulam bibir :
1. Sulam bibir pada umumnya aman untuk semua orang, kecuali untuk mereka yang sedang menstruasi. Akan lebih baik jika Anda menunggu kira-kira 7-10 hari setelah selesai mentruasi untuk melakukan perawatan ini. Untuk ibu hamil dan penderita diabetes, sebaiknya melakukan prosedur sulam bibir setelah mendapat persetujuan dari dokter.
2. Sebelum memutuskan untuk menjalani sulam bibir, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal, seperti kredibilitas klinik, salon, atau siapa yang mengerjakannya. Setelah mempertimbangkan di mana dan siapa yang melakukan, tentunya perlu mengerti juga detail bagaimana orang tersebut (ahli atau spesialis sulam bibir) menjalankan prosedur sulam bibir itu sendiri, yakni dengan mengetahui cara, alat, teknik,dan bahan yang digunakan. Setelah jelas akan semua detail yang diberikan, barulah memutuskan.
3. Rasa sakit selama prosedur berlangsung tergantung kondisi tubuh masing-masing, terutama kondisi kulit, hormonal, dan regenerasi. Biasanya sebelum dimulai, ada penggunaan anestesi, dan ketika bibir sudah kebal pengerjaan baru dimulai. Namun pada beberapa orang dengan kondisi kulit tertentu, memang ada sedikit rasa sakit, atau lebih tepatnya bukan rasa sakit, melainkan sebatas rasa tidak nyaman.
4. Sulam bibir yang baik bertahan secara semi permanen,dalam jangka 1-3 tahun bahkan samapai 5 tahun untuk hilang total.
5. Dalam prosedur kosmetik permanen,alat atau mesin yang digunakan mestilah alat terbaru yang telah melalui beberapa tahap penyempurnaan untuk mencapai hasil pengerjaan yang halus dan ringan. Sedangkan bahan yang digunakan adalah pigmen warna organik dari sari tumbuh-tumbuhan. Pigmen warna organik adalah bahan yang ramah untuk tubuh, sehingga tidak berbahaya. Namun perlu diketahui bahwa pengerjaan kosmetik semi permanen yang ringan dan organik, membutuhkan pengerjaan lebih dari satu kali. Pada umumnya dua atau tiga kali, dengan selang waktu pengerjaan antara pengerjaan sebelumnya dan pengerjaan seterusnya setelah paling kurang satu bulan.
6. Efek samping : kulit sekitar bibir merah, karena reaksi anestesi dan efek pengerjaan. Namun pada umumnya sekitar 1-2 jam setelah reaksi bius hilang total, kulit sekitar yang memerah pun hilang. Sekitar 85 persen pengerjaan sulam bibir tidak ada efek bengkak, dan 15 persennya disebabkan kulit yang relatif sensitif, dan atau reaksi bius yang kurang maksimal sehingga pemakaian bius melebihi takaran pada umumnya. Efek bengkak menghilang setelah kurang lebih 24 jam.

7. Sulam wajah (alis, eyeliner, bibir) yang baik adalah yang semi permanen. Untuk mendapatkan hasil semi permanen yang baik, tergantung dari cara, alat, teknik, bahan, dan juga ketelatenan. Jangan terkecoh oleh istilah-istilah marketing. Pastikan konsultasi dan penjelasan dari si spesialis meyakinkan dan tidak bias. Jadilah konsumen yang pintar dengan mengetahui semua informasi yang Anda butuhkan sebelum memutuskan menjalani perawatan ini.

Sampai jumpa di tips kecantikan lainnya :-h

Sumber: Merry Gunawaty, spesialis semi permanen kosmetik dari OSalon

 

 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s